SEJARAH
Keberadaan suatu lembaga pendidikan diharapkan akan mendorong
terciptanya pelayanan Pendidikan kepada pemerintah maupun kepada
masyarakat, dengan bermuaranya pada upaya peningkatan kualitas
pengelolaan pendidikan pada tatanan yang paling bawah yaitu sekolah.
Oleh sebab itu profile sekolah diyakini sebagai suatu konsep inovatif
dan inspiratif dibidang Pendidikan, sepatutnya bukan hanya dijajaki
sebagai wacana baru dalam pengelolaan pendidikan, namun sebaiknya juga
dipertimbangkan sebagai langkah inovatif dan strategis kearah mutu
Pendidikan sesuai dengan program pemerintah dan keinginan masyarakat di
sekitar sekolah.
SMK Teratai Putih Global 4 berdiri tahun 2002 di
Jalan BKKBN daerah Ciketing kelurahan dan kecamatan Mustika Jaya Kota
Bekasi, dengan Kepala Sekolah yang pertama kali Ir.Fadly Supriadi dan
telah mendapatkan izin operasional dari Pemerintah Kota Bekasi. SMK
Teratai Putih Global 4 pada saat berdirinya satu lingkungan dengan SD
Teratai Putih Global, SMP Teratai Putih Global, SMA Teratai Putih Global
dan SMK Teratai Putih Global 3 di Ciketing Mustika Jaya, dan saat ini
untuk SD Teratai Putih, SMP Teratai Putih dan SMA Teratai Putih sudah
pindah ke Area Cimuning. Memiliki 4 jurusan program studi yaitu Teknik
Kendaraaan Ringan Otomotif, Teknik Bisnis Sepeda Motor, Rekayasa
Perangkat Lunak, dan Multimedia.
SMK Teratai Putih Global 4 Bekasi
memiliki visi menjadi sekolah terbaik dan berwawasan global dan memiliki
keunggulan kompetitif maupun keunggulan komparatif dengan tidak
meninggalkan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa yang berbudi
pekerti, guna mencapai visi tersebut maka SMK ini mengedepankan misi
dengan memberikan layanan pembelajaran yang aktif dan inovatif, serta
menyenangkan melalui sistem manajemen pendidikan yang handal serta
lingkungan belajar yang aman dan nyaman. Di SMK Teratai Putih Global 4
juga ditanamkan budi pekerti yang didasarkan pada nilai-nilai keTuhanan
dengan tujuan terwujudnya sumber daya manusia yang cerdas, berkualitas,
berwawasan global dan berahlakul karimah.
SMK Teratai Putih Global 4
merupakan sekolah yang sudah bersertifikat SSN (Sekolah Standar
Nasional), LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) terdiri dari 4 gedung
utama, ruang teori, ruang praktek tiap jurusan, mesjid, lapangan
olahraga lengkap, kantin dan memiliki tempat parkir khusus siswa dan
karyawan, berlokasi ditempat strategis jauh dari kebisingan kendaraan,
nyaman untuk belajar dan bebas dari banjir.
KURIKULUM
KOMPETENSI KEAHLIAN
1. Teknik Kendaraan Ringan Otomotif
Teknik
Kendaraan Ringan sendiri adalah ilmu yang mempelajari tentang alat-alat
transportasi darat yang menggunakan mesin, terutama mobil yang mulai
berkembang sebagai cabang ilmu seiring dengan diciptakannya mesin mobil.
Dalam perkembangannya, mobil semakin menjadi alat transportasi yang
kompleks yang terdiri dari ribuan komponen yang tergolong dalam puluhan
system dan subsistem. Oleh karena itu, Teknik Kendaraan Ringan pun
berkembang menjadi limu yang luas dan mencakup semua system dan
subsistem.
Peserta didik mempelajari ilmu kendaraan ringan agar mampu
melaksanakan perawatan dan perbaikan komponen – komponen mobil secara
mandiri, merawat dan memperbaiki mobil sesuai dengan standar yang
ditentukan oleh pabrik, merawat dan memperbaiki mobil pada bengkel atau
perusahaan dimana tempat ia bekerja, serta menciptakan lapangan kerja
baru bagi dirinya dan orang lain.
Ilmu yang di pelajari :
1. Melaksanakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja
2. Membaca Gambar Teknik Otomotif
3. Menggunakan Alat ukur
4. Melaksanakan Diagnosis
5. Melakukan Perawatan Berkala Engine
6. Melakukan Proses Overhoul Engine
7. Memelihara dan Memperbaiki Sistem Pelumasan Engine
8. Memelihara dan Memperbaiki Sistem Pendinginan Engine
9. Memelihara dan Memperbaiki Sistem Bahan Bakar
10. Melaksanakan Perawatan Sistem Rem
11. Melaksanakan Overhaul Sistem Rem
12. Melaksanakan Perawatan Sistem Kemudi
13. Memeriksa Sistem Suspensi
14. Memelihara Sistem Kopling
15. Melakukan Overhaul Transmisi
16. Memelihara Baterai
17. Merangkai Jaringan Kelistrikan Pada Kendaraan
18. Memperbaiki Sistem Penerangan
19. Memperbaiki Kerusakan Pada Sistem Pengaman Kelistrikan
20. Memelihara Sistem Air Conditioner
2. Teknik dan Bisnis Sepeda Motor
Teknik
dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) adalah salah satu cabang ilmu teknik
mesin yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membuat dan
mengembangkan alat-alat transportasi darat yang menggunakan mesin,
terutama sepeda motor. Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM)
menggabungkan elemen-elemen pengetahuan mekanika, listrik, elektronik,
keselamatan dan lingkungan serta matematika, fisika, kimia, ipa dan
manajemen.
Ruang Lingkup pekerjaan bagi lulusan Program Keahlian
Teknik Sepeda Motor adalah jenis pekerjaan dan atau profesi yang relevan
pada jenjang SMK antara lain adalah:
1. Teknisi mekanik otomotif dalam bidang perawatan dan perbaikan kendaraan bermotor bensin.
2. Perawatan dan perbaikan chasis dan system pemindahan tenaga.
3. Perawatan dan perbaikan system kelistrikan.
4. Mampu mengelola usaha mandiri di bidang perbengkelan kendaraan sepeda motor. Ilmu di pelajari :
a. . Gambar Teknik Otomotif
b. Teknologi Dasar Otomotif
c. Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif
d. Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor
e. Pemeliharaan Sasis Sepeda Motor
f. Pemeliharaan Listrik Sepeda Motor
g. Pengelolaan Bengkel Sepeda Motor
h. Produk Kreatif dan Kewirausahaan
3. Rekayasa perangkat Lunak
RPL
adalah singkatan dari Rekayasa Perangkat Lunak dan merupakan sebuah
jurusan yang ada di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). RPL adalah sebuah
jurusan yang mempelajari dan mendalami semua cara-cara pengembangan
perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen, organisasi
pengembangan perangkat lunak dan manajemen kualitas. Bukan hanya itu RPL
juga berkaitan dengan software komputer mulai dari pembuatan website,
aplikasi, game dan semua yang berkaitan dengan pemograman dengan
menguasai bahasa pemograman tersebut. Intinya RPL tidak akan jauh-jauh
dari tiga hal yaitu coding, Desain dan Algoritma yang akan menjadi kunci
keberhasilan rekayasa perangkat luna tersebut.
Ilmu yang di pelajari :
1. Coding
– Pemograman Bahasa Pascal
– Pemograman Bahasa C
– Pemograman Bahasa C++
– Pemograman Bahasa Java
– Pemograman Bahasa Python (*)
– Pemograman Bahasa Delphi (*)
– Pemograman PHP & Mysql
– Pemograman JavaScript
– Pemograman AJAX (*)
– Pemograman Web Server
– Pemograman HTML
– Pemograman CSS
– Dan masih banyak lagi
2. Desain
– Corel Draw
– Photoshop
– Video Editing
– Web Design
– Dan masih banyak lagi
3. Algoritma
– Algoritma Dasar
– Algoritma tingkat Lanjut
– Microsoft Access
– Gerbang Logika
– Basis Data
– DFD (Data Flow Diagram)
– Dan masih banyak lagi
4. Desain Komunikasi Visual
Desain Komunikasi Visual (DKV) merupakan cabang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif dengan memanfaatkan elemen-elemen visual untuk menyampaikan pesan. Pesan tersebut tentunya disampaikan dengan tujuan tertentu, misalnya untuk menyampaikan informasi atau tujuan persuasi yang dapat mempengaruhi perilaku seseorang. Saat ini DKV tidak hanya ada di jenjang perguruan tinggi. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pun sudah menyediakan Kompetensi Keahlian Desain Komunikasi Visual. Desain Komunikasi Visual (DKV) merupakan salah satu Kompetensi Keahlian dari Program Keahlian Seni Rupa pada Bidang Keahlian: Seni dan Industri Kreatif. Berikut adalah beberapa mata pelajaran yang akan diajarkan pada SMK Jurusan Desain Komunikasi Visual :
- Dasar-dasar Seni Rupa
Materi pokok mata pelajaran ini adalah membahas mengenai unsur-unsur yang digunakan untuk mewujudkan sebuah karya seni rupa. Unsur-unsur ini diantaranya antara lain adalah titik, garis, bidang, bentuk, ruang, warna, tekstur, dan gelap terang. Titik adalah unsur seni rupa yang paling dasar. - Gambar
Mata pelajaran ini membekali siswa dengan teknik, media, dan alat yang digunakan untuk menggambar sesuai jenis gambar yang dibuat. - Sketsa
Materi pokok pada mata peajaran ini adalah tentang pengertian, jenis, sejarah awal, perkembahan, dan tokoh seniman sketsa. - Desain Publikasi
Desain publikasi akan mempelajari tentang bagaimana merancang hingga membuat konsep karya desain publikasi baik indoor maupun outdoor. Siswa juga akan dibekali bagaimana mempresentasikan konsep dasar branding dan komunikasi pemasaran dengan desain publikasi, hingga menghitung biaya produksi desain. - Komputer Grafis
Pada mata pelajaran Komputer Grafis siswa akan diajarkan untuk mengolah gambar secara digital dengan bantuan software- software yang ada untuk menghasilkan gambar-gambar yang menarik sesuai imajinatif kreatif para desainer. Siswa akan diajarkan dan dilatih menguasai tools-tools dari sebuah software desain, sehingga siswa bisa segera memahami tools yang akan digunakan dalam membuat sebuah karya desain. - Fotografi
Pada mata pelajaran Fotografi ini siswa akan dikenalkan dengan berbagai macam jenis kamera, teknik penggunaan kamera, hingga mempresentasikan hasil karya fotografi. Siswa juga akan diajarkan bagaimana fotografi bisa menjadi sarana untuk menyampaikan informasi atau pesan sehingga selain menggunakan prinsip dan teknik secara estetika fotografi juga terdapat strategi untuk menyampaikan pesan tersebut. - Videografi
Materi pokok pada mata pelajaran ini adalah bagaimana mempresentasikan konsep dan kegunaan videografi dalam Desain Komunikasi Visual, memahami proses dan teknik videografi hingga mempresentasikan hasil karya videografi. Secara teknis, siswa akan dibekali agar mampu berkarya videografi (membuat scenario iklan/film indie, storyboard, shooting/pengambilan gambar produksi, editing-dubing-pemberian animasi dan melakukan pasca produksi). Selain itu juga membekali peserta didik agar mampu melaksanakan editing video dengan software yang ada misalnya adobe premier,pinnacle dan corel video studio
Comments
Post a Comment